Minggu, 11 November 2012

Teori Konspirasi Amerika Terhadap Perang Vietnam




Teori Konspirasi Amerika Terhadap Perang Vietnam

Perang Vietnam


Deklarasi perang terhadap Vietnam Utara oleh pemerintah AS pada tahun 1964, terjadi setelah insiden serangan terhadap 2 kapal perusak Amerika oleh kapal-kapal milik Vietnam Utara di Teluk Tonkin, yang dikenal sebagai insiden Teluk Tonkin. Insiden tunggal itu menjadi dalih untuk memobilisasi pasukan secara besar-besaran serta kesiagaan penuh untuk perang. Namun ada satu masalah besar, serangan kapal terhadap kapal perusak milik Amerika oleh kapal-kapal milik Vietnam, ”Tidak Pernah Terjadi”. Kejadian itu sengaja diciptakan sebagai alasan untuk melakukan perang.

Kapal USS Maddox

Mantan Menteri Pertahanan, Robert McNamara beberapa tahun kemudian menyatakan bahwa insiden Teluk Tonkin sebagai sebuah “kesalahan” dan masih banyak lagi orang dalam dan perwira yang angkat bicara dan menyebut kejadian itu sebagai sebuah komedi yang sepenuhnya bohong.

USS Maddox di Teluk Tonkin

Sekali memasuki perang, adalah bisnis sebagaimana biasanya. Pada bulan Oktober 1966, Presiden Lyndon Johnson mencabut larangan perdaganagn senjata dengan Uni Soviet, mengetahui bahwa Uni Soviet memasok lebih dari 80% suplai persenjataan bagi Vietnam Utara. Sebagaimana hasilnya, pihak Rockefeller kemudian membiayai pabrik-pabrik di Uni Soviet, yang kemudian digunakan untuk merakit persenjataan militer, untuk dikirim kepada pihak Vietnam Utara. Namun, mendanai kedua pihak yang bertikai hanyalah satu sisi dari mata uang.

Pada tahun 1985, aturan mengenai perang di Vietnam diberlakukan. Peraturan ini secara detail mengatur apa yang diijinkan atau terlarang bagi pasukan Amerika dimedan perang. Termasuk kejanggalan-kejanggalan seperti :

1.   Dilarang mengebom sistem pertahanan rudal anti pesawat terbang milik pihak Vietnam Utara sampai saat mereka telah sungguh-sungguh diketahui beroperasi.

2.     Musuh tidak lagi boleh dikejar lagi ketika mereka telah melintasi perbatasan Laos atau Kamboja.

3.  Dan yang paling mengherankan adalah target-target strategis utama musuh tidak boleh diserang kecuali atas perintah atasan militer yang berpangkat tinggi.

Terlepas dari pemaksaan atas aturan-aturan menggelikan itu, pihak Vietnam Utara juga telah diberitahu mengenai pembatasan-pembatasan itu, sehingga mereka bisa menciptakan strategi dengan memanfaatkan keterbatasan dari pasukan Amerika. Itulah sebabnya mengapa perang itu berlangsung sangat lama, karena intinya adalah, perang Vietnam Utara memang bukan ditujukan untuk dimenangkan. Hanya dipanjangkan.

Perang yang menghasilkan banyak laba ini membunuh lebih dari 58.000 orang Amerika dan 3 juta orang Vietnam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management