Kamis, 08 November 2012

Konspirasi Pendaratan Apollo 11


Jawaban NASA Tentang Konspirasi Pendaratan Apollo 11 di Bulan

Karena banyaknya teori hoax tentang pendaratan Apollo 11 di bulan, saya akan menjawab sebuah konspirasi  yang saya dapat dari beberapa sumber, yang mungkin membuat kita penasaran. Banyak pertanyaan yang sebenarnya yang muncul bertahun tahun lamanya, dan masih banyak pula jawaban yang diragukan akan kebenaranya. Yaitu sebuah pertanyaan besar, “Apakah benar manusia pernah pergi kebulan?” Itu adalah pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh para pemercaya teori “hoax” atau konspirasi tentang peristiwa bersejarah umat manusia.



Teori yang sering disebut “The Great Moonhoax Theory” yang berisi bahwa sebenarnya manusia tidak pernah mendarat dibulan. NASA telah membohongi seluruh umat manusia. Apakah benar bahwa manusia sebenarnya tidak pernah menginjakkan kaki dibulan?

20 Juli 1969, Apollo 11 yang berawak tiga orang mendarat dibulan yang disaksikan melalui siaran langsung  TV oleh seluruh manusia dibelahan bumi, yang membuat umat manusia merasa bangga. Namun kebanggaan ini menjadi pudar semenjak buku berjudul “We Never Went to the Moon: America’s Thirty Billion Dollar Swindle” terbit oleh seorang penulis bernama Bill Kaysing pada tahun 1974. Ia melakukan penelitian berdasarkan foto-foto dan rekaman dari NASA yang ia rasa memiliki kejanggalan .

Dan sejak itulah teori konspirasi pendaratan dibulan mulai mendunia. Buku-buku dan situs-situs  pembelaan pendaratan dibulan bermunculan, tetapi tidak sedikit pula buku dan situs yang memberikan bukti kebohongan NASA akan pendaratan manusia dibulan.

Dan sekarang saya akan menyajikan jawaban dari pertanyaan dan tuduhan pemalsuan konspirasi tersebut dari berbagai sumber yang saya dapat. Saya menyajikan beberapa pertanyaan yang paling sering muncul dan paling sering dibahas didunia.

Radiasi Sabuk Van Allen

Pertanyaan:
“Untuk mencapai dibulan, para astronot harus melintasi sabuk radiasi Van Allen yang hampir mustahil untuk dilakukan.”

Jawaban:
Sabuk yang ditemukan pada tahun 1958 oleh James Van Allen ini terdiri dari partikel dan radiasi kosmik yang tertangkap oleh medan magnetik bumi.
Para pendukung teori konspirasi berpikiran bahwa tidak akan mungkin melintasi sabuk radiasi itu. Namun ada data yang menunjukan bahwa NASA telah memperhitungkannya sebelum menerbangkan manusia kebulan. Mereka meneliti resiko ini dengan waktu yang tidak sedikit. Apollo 11 hanya butuh waktu 60 menit untuk melintasi sabuk radiasi itu. Total radiasi yang diterima para astronot akibat radiasi sabuk tersebut hanya 1 rem. Seseorang  dapat mengalami sakit bila mendapat dosis 200-100 rem dan kematian pada dosis diatas 300 rem. Lagipula sabuk itu terbentang di  40 derajat Latitude dan 20 derajat diatas dan dibawah equator magnetik. Sedangkan wahana yang membawa Apollo 11 hanya bergerak pada posisi 30 derajat. Jadi para astronot hanya terkena radiasi minimal.

Bintang-Bintang

Pertanyaan:
“Pada foto foto pendaratan dibulan, tidak terlihat adanya bintang-bintang dilangit, dan ini menunjukan bahwa foto tersebut palsu.”
 

Jawaban:
Para astronot tidak pergi kebulan untuk mengambil foto bintang-bintang. Karena itu kamera telah disetel dengan eksposure yang pendek untuk menghindari gambar-gambar yang over ekspose. Permukaan bulan yang terang juga mengharuskan kamera disetel seperti itu. Dengan setelan ini, bintang-bintang tidak akan dapat tertangkap kamera. Namun, permukaan bulan akan tertangkap dengan jelas.

Bendera Yang Berkibar

Pertanyaan:
“Apabila tidak ada angin di luar angkasa dan dibulan, mengapa didalam foto bendera terlihat berkibar?”


Jawaban:

Ini adalah jawaban yang sangat mudah. NASA telah memikirkannya. Mereka menginginkan sebuah foto yang heroik dengan bendera Amerika yang terlihat dengan jelas, jadi mereka memasang sebuah pipa horizontal kecil di atas tiang. Hal ini menyebabkan tiang bendera tersebut berbentuk huruf L terbalik. Bendera itu tertahan oleh pipa horizontal dan kerutan pada bendera menciptakan efek berkibar.
Lihat foto diatas, foto pertama menunjukan tangan Buzz Aldrin yang sedang memberi hormat kepada bendera. Terlihat bahwa ujung jarinya menyembul sedikit didepan helmnya. Pada foto kedua, tangannya sudah diturunkan. Sembulan didepan helm sudah tidak terlihat, tapi posisi bendera dan kerutannya masih sama. Dengan kata lain, bendera tidak berkibar.

Kawah yang Diakibatkan Oleh Lunar Lander

Pertanyaan:

“Bukankah Lunar Lander mengeluarkan tenaga hingga 10.000 pound? Mengapa pada saat pendaratan dan keberangkatan, tidak ada kawah yang terciptakan dibulan? Bukankah tenaga sebesar itu akan cukup untuk membuat sebuah lubang? Seperti helikopter yang mendarat di padang pasir.


Jawaban:

Ini dikarenakan aktifitas Lunar Lander kebanyakan terjadi sebelum pendaratan dibulan. Ribuan kaki diatas permukaan bulan, Lunar Lander mengurangi kekuatan semburannya hingga tinggal 3000 pounds. Kekuatannya dikurangkan lagi ketika tinggal beberapa kaki dipermukaan bulan. Lagipula permukaan bulan bukan hanya terdiri dari debu saja, melainkan materi-materi keras yang disebut Lunar Regolith. Jadi tentu saja tidak akan ada kawah yang terbentuk.

Latar Belakang Foto yang Sama

Pertanyaan:
“Dua video klip menunjukan dua bukit yang sama persis, padahal NASA mengatakan bahwa dua klip tersebut diambil di dua lokasi yang berbeda.”

 
Jawaban:

Ini adalah sebuah kesalahan yang dilakukan oleh pemercaya teori konspirasi. Mereka mengambil klip tersebut dari film dokumenter yang ditayangkan di TV. Film dokumenter tersebut ternyata menggunakan klip yang salah yang kemudian ditayangkan di TV dan klipnya diambil oleh para pemercaya teori konspirasi.

Jejak Kaki Buzz Aldrin

Pertanyaan:
“Edwin Buzz Aldrin meninggalkan jejak kaki yang begitu sempurna seakan akan permukaan bulan memiliki debu tanah yang bercampur air. Apabila bermukaan kering bagaimana mungkin jejak itu terbentuk dengan sempurna, apalagi gravitasi bulan hanya 1/6 gravitasi bumi. Orang seberat 200 kg pun tidak akan dapat membuat jejak seperti itu.”

 

Jawaban:
Debu bulan terdiri dari tabrakan-tabrakan dengan asteroid dan  mikrometeorit. Setiap partikel membentuk  debu yang memiliki permukaan kasar dan bergerigi. Ini menyebabkan jejak kaki dapat terbentuk dengan baik tanpa air. Lagipula, sebagian besar permukaan bulan terdiri dari silika, materi unik yang dapat lengket satu sama lain dan membentuk rantai molekular panjang. Dibumi jejak seperti ini tidak akan dapat tercipta karena proses akomodasi dimana oksigen akan segera mengisi serpihan rantai molekular, namun dibulan tidak ada oksigen sehingga jejak kaki yang sempurna dapat terbentuk.
Dan mengenai berat dan gravitasi, memang berat dibulan akan menjadi 1/6 berat dibumi. Tapi kita akan tahu bahwa Massa selalu sama dimanapun diseluruh jagad (Rumus Newton, weight = mass x gravity). Inilah yang menyebabkan Aldrin dapat membuat jejak seperti itu.

Bayangan yang mengarah kearah yang Berbeda-beda

Pertanyaan:

“Pada beberapa foto pendaratan dibulan, terdapat beberapa foto menunjukan bayangan yang tidak searah. Ini menunjukan adanya lebih dari satu sumber pencahayaan, seperti didalam sebuah studio. Bukanlah matahari adalah satu-satunya sumber cahaya di bulan?”


Jawaban:

 Permukaan bulan yang tidak ratalah yang menyebabkan bayangan terlihat berbeda arah. Bulan yang memiliki kawah-kawah, dan gundukan membuat cahaya yang menyentuh permukaan  yang tidak rata itu akan terlihat membelok ke segala arah. Jika permukaannya naik maka bayangan akan menjadi lebih pendek, dan jika permukaan menurun, maka banyangan akan terlihat memanjang. Dan karena foto ini tidak diambil dari atas maka bayangan menuju kearah yang berbeda, jika foto diambil tegak lurus dari arah atas maka bayangan akan mengarah kearah yang sama.
Dan jika NASA memalsukannya dengan membuat rekaman distudio yang memiliki lebih dari satu sumber pencahayaan (lampu studio), maka bayangan satu objek akan muncul lebih dari satu, seperti pada bayangan pemain sepak bola yang bayangannya membentuk huruf X karena lampu stadion yang terdapat pada sudut-sudut stadion.

Batu dengan Huruf “C” Diatasnya

Pertanyaan:
“ Foto dari misi lain, Apollo 16, menunjukan sebuah batu dengan huruf “C” diatasnya. Mungkinkah ini adalah tanda properti studio?”


Jawaban:

Huruf “C” itu adalah akibat dari sehelai rambut yang tersangkut dikertas ketika foto itu diproses. Foto sama yang diproses berikutnya tidak menunjukan huruf itu.

Objek yang Seharusnya Terlihat Gelap

Pertanyaan:
“Pada beberapa foto, seperti foto astronot yang turun dari Lunar Lander, harusnya astronot itu tidak terlihat sama sekali karena tertutup oleh Lunar Lander, namun foto tersebut malah menunjukkan detail yang sangat jelas. Bukankah ini bukti bahwa foto tersebut palsu?”


Jawaban:
Kita tahu bahwa bulan dapat memantulkan cahaya matahari, karena itu permukaan bulan memantulkan cahaya dan cahaya ini memberikan penerangan tambahan terhadap objek. Diperkirakan permukaaan bulan merefleksi cahaya sebesar 340 lumens per kaki persegi. Ini ekivalen dengan lampu pijar seterang 35 watt. Cahaya ini akan merefleksi kepada hasil pemotretan.


Misi ini menghabiskan sekitar $13 miliar ini dan memakan waktu bertahun-tahun penelitian untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan. Masih banyak argumen lain yang mendukung kebenaran pendaratan dibulan. Dan NASA tidak hanya sekali mengirimkan manusia kebulan. NASA mengirim Apollo 11,12,13,14,15,16,17 menuju bulan, namun Apollo 13 gagal mendarat dan berhasil pulang dengan selamat. Pertanyaannya adalah apabila NASA memalsukan pendaratan Apollo 11 mengapa NASA harus mengirim misi lagi hingga Apollo 17 sedangkan ketertarikan manusia terhadap bulan sudah berkurang jauh? Banyak yang mengatakan bahwa tidak ada lagi pendaratan setelah misi Apollo 11, padahal ada misi hingga Apollo 17. Saat ini ada 12 astronot yang menginjakan kakinya di bulan. Dan setelah 1972 tidak ada lagi misi ke bulan karena Amerika mengalami beberapa kali resepsi yang menyebabkan anggaran NASA dipotong oleh pemerintah NASA.

Ada juga sempel batu bulan seberat 382 kilogram dengan lebih dari 2.000 sempel yang terpisah. Sampel-sampel tersebut saat ini diteliti oleh para ilmuan di seluruh dunia. Sangat mustahil bagi NASA mampu membuat batu tiruan bulan mengingat bulan memiliki karakteristik unik yang terbentuk di lingkungan tanpa oksigen.

Saat peluncuran Apollo 11, ribuan wartawan dari seluruh dunia berada di Kennedy Space Center yang mengikuti proses peluncuran dan pendaratan dibulan hingga kembali ke bumi. Lebih dari 400.000 karyawan bekerja pada proyek Apollo 11 hampir 10 tahun. Bagaimana NASA dapat menipu karyawan sebanyak itu dan juga para wartawan yang menyaksikan proses peluncuran Apollo 11 dari awal hingga akhir?
Disaat roket Saturn V yang membawa Apollo 11 meluncur, dengan ekor asap panjang yang mengikutinya, menuju ketinggian kaki demi kaki, hingga Saturn V tidak lagi tampak dilangit, banyak sekali mata yang menyaksikan secara langsung dengan mata telanjang.

Saat Neil Amstrong menginjakkan kaki dibulan untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia sambil berkata “ That’s one small step for a man...one giant leap for mandkind.” “Sebuah langkah kecil seorang manusia... satu lompatan besar bagi umat manusia”.

Suara Neil Amstrong dari bulan yang terdengar hingga ke bumi, saat terdengar dari semua kalangan masyarakat, dari para penguasa hingga rakyat kecil. Semuanya terdengar bahwa tidak ada yang membedakan antara manusia satu dengan yang lain, semua manusia sama derajatnya, manusia yang bersama-sama mempunyai sebuah mimpi yang besar, menginjakan kaki dipermukaan bulan.

Dalam dialog antara Presiden Amerika Serikat ke-37, Richard Nixon, dengan Neil Amstrong saat masih dibulan melalui telepon yang disambungkan keradio Lunar Lander, yang juga di dengar oleh seluruh dunia yang menyaksikannya secara langsung, mungkin akan memberikan sebuah inspirasi.

”...Neil, Buzz, mungkin ini akan menjadi panggilan telepon yang akan tercatat dalam sejarah, kami tidak bisa menggambarkan bagaimana bangganya kami terhadap kalian, untuk seluruh umat manusia yang akan menjadi hari yang sangat membanggakan dalam hidup. Karena apa yang telah kalian lakukan, menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dunia. Untuk masa mendatang dalam sejarah umat manusia, semua manusia di bumi adalah kesatuan, sepanjang kebanggaan kami dengan apa yang telah kalian lakukan. Ini menginspirasikan usaha kita untuk membawa ketertiban dan kedamaian di bumi kita ini...”


Saya mem-posting artikel ini bukan karena mendukung teknologi atau pemerintahan AS melainkan karena saya yakin bahwa mimpi manusia setinggi apapun dapat dicapai jika seluruh manusia di bumi ini bersatu.


(didapat dari beberapa sumber)

3 komentar:

Zack lee mengatakan...

saya sangat setuju dengan argumen anda,analisa saya bahwa teori konspirasi itu memang sengaja di hembuskan untuk menghancurkan pernyataan neil amstrong sendiri bahwa dia mendengar suara adzan di permukaan bulan yang notabene itu adalah ruang hampa udara,sehngga karena hal tersebut si neil amstrong menyatakan masuk islam dan mendapat surat pemecatan dari pihak NASA,jadi kesannya kalau teori konspirasi ini di percaya banyak orang,maka dengan sendirinya secara tidak langsung pernyataan neil amstrong dinyatakan hoax,tapi Allah SWT adalah rajaNYA tipu daya,ketika orang - orang kafir melakukan tipu daya terhadap kebenaran,maka Allah membalasnya dengan tipu daya yang lebih hebat

Anonim mengatakan...

Selamat hari semua orang,

Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Pemberi Pinjaman Alyasaa Daburah saat ini menawarkan Pinjaman jangka panjang dan jangka pendek kepada badan usaha perorangan dan koperasi yang sangat membutuhkan dukungan keuangan untuk meningkatkan usaha atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. Segala jenis pinjaman keuangan, di bagian manapun di dunia ini terjangkau, betapa kompetitifnya, dengan suku bunga yang rendah, fasilitas dijamin, Mari kita memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut di bawah ini.
Via email: alyasaadaburahlenders@gmail.com

Anonim mengatakan...

Selamat hari semua orang,

Ini untuk memberi tahu masyarakat umum bahwa Pemberi Pinjaman Alyasaa Daburah saat ini menawarkan Pinjaman jangka panjang dan jangka pendek kepada badan usaha perorangan dan koperasi yang sangat membutuhkan dukungan keuangan untuk meningkatkan usaha atau kebutuhan keuangan lainnya dengan tingkat suku bunga rendah. Segala jenis pinjaman keuangan, di bagian manapun di dunia ini terjangkau, betapa kompetitifnya, dengan suku bunga yang rendah, fasilitas dijamin, Mari kita memiliki aplikasi Anda sekarang dengan rincian Anda untuk diproses lebih lanjut hubungi kami dengan informasi berikut di bawah ini.
Via email: alyasaadaburahlenders@gmail.com

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management